Mengenal lebih dekat Marquee Player SFC, Tijani Belaid

Tijani Belaid

Sriwijaya FC adalah salah satu klub yang musim ini menggunakan jasa marquee player di ajang GoJek Traveloka Liga 1, nama marquee player Sriwijaya FC adalah Tijani Belaid. Lantas, siapakah dia dan mengapa bisa menjadi marquee player?

Tijani dilahirkan pada 6 September 1987 di Paris, Prancis. Namun, meski kelahiran Prancis namun ia membela Timnas Tunisia dan sudah mencatatkan 19 caps dan telah mencetak 3 gol.

Tijani sendiri sudah malang melintang di persepakbolaan eropa, ia bermain untuk Inter Milan, PSV Eindhoven, Slavia Praha, Hull City, APOEL, Moreirense, dll. Tijani Belaid pernah bermain di Liga Champions. Ia tercatat menyumbang satu gol buat Slavia Praha di penyisihan Grup G. Gol dicetak Tijani Belaid ke gawang Steaua Bucharest untuk kemenangan 2-1. Gol Tijani Belaid adalah gol penentu yang tercipta pada menit ke-63. Skor 2-1.

Namun, untuk menjadi marquee player SFC, ia memakai CV saat bermain di Moreirense 2013, karena ia tidak bisa memakai CV Hull City ataupun Inter Milan, meski klub tersebut masuk dalam regulasi, namun tahun bermainya tidak memenuhi regulasi dari PT Liga Indonesia Baru, dimana minimal bermain di eropa 8 tahun yang lalu, terhitung sejak 2017.

Kini, setelah beberapa bulan gabung SFC, penampilan Tijani belum bisa diapresiasi, karena ia baru mencetak 1 gol dan belum terlalu memberikan kontribusi yang maksimal seperti marquee player lainya, sebut saja Wiljan Pluim, Peter Odemwingie, Bruno, dll.

Masalah terbesarnya adalah ia belum terlalu adaptasi dengan permainan keras sepakbola Indonesia, ia sangat sering kehilangan bola ketika sedang membangun serangan, namun di sebuah surat kabar beberapa hari lalu, Pelatih SFC Hartono Ruslan menegaskan bahwa Tijani sudah semakin membaik.

Tinggalkan komentar